banner friend

cari sesuatu

Custom Search
Photobucket

Rabu, 25 Mei 2011

Silaturahmi

Hukuman Bagi Orang yang Memutuskan Tali Silaturahmi dengan Kerabat di Dunia


Dari Abu Bakroh berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

    ما من ذنب أحرى أن يعجل الله لصاحبه العقوبة في الدنيا، مع ما يدخر له في الآخرة من قطيعة الرحم والبغي
   Tidak ada dosa yang lebih pantas untuk disegerakan balasannya bagi para pelakunya di dunia ini – berikut adzab yang disimpan untuknya di akhirat nanti- daripada perbuatan memutus silaturrahmi dan melampaui batas.”

(Shahih) Lihat Ash Shahihah (917, 976): [Abu Dawud: 40-Kitab Al Adab, 43-Bab Fin Nahyi ’anil Baghyi. Tirmidzi: 35-Kitab Al Qiyamah, 57-Bab Haddatsana ’Ali bin Hujr. Ibnu Majah: 37-Kitab Az Zuhd, 23-Bab Al Baghyu hal. 4211]


Mengapa menulis artikel mengenai tali silaturahmi?
Memang banyak orang yang tidak menyadari betapa pentingnya tali silaturahmi untuk itu aku ingin sahabat tahu mengenai pentingnya silaturahmi itu. Penyebabnya yaitu adalah karena disekolah aku melihat ada temanku (wanita) yang awalnya sangat dekat dengan salah satu laki-laki sehingga mereka jadian, namun setelah mereka putus terlihat seperti yang tidak kenal satu sama lain malah bisa dibilang tidak di anggap. Itu memang masalah kecil, tapi itu juga bisa menjadi serius jika kita sudah dewasa nanti.

Silaturahmi menurut islam
Semua agama mengajarkan ajaran yang baik bagi umatnya, mengapa judulnya silaturahmi menurut islam? karena aku sendiri beragama islam. Sebenarnya ada salah satu ayat yang menjelaskan perintah mengenai menjaga tali silaturahmi:

    "Wahai manusia, sebarkanlah salam, berikanlah makanan, sambungkanlah tali silaturahmi dan dirikanlah shalat pada malam hari ketika manusia tertidur niscaya kamu masuk surga dengan selamat.”(HR Bukhari – Muslim).


Di ayat tersebut sangat jelas bahwa Allah SWT menegaskan bahwa kita harus menjaga tali silaturahmi dan jangan pernah memutuskan tali silaturahmi.

Menjaga silaturahmi antar agama
Sebenarnya damai itu lebih indah daripada kemenangan setelah perang. Di zaman sekarang banyak sekali orang-orang yang menjelekan agama, namun sebenarnya setiap agama juga melarang saling menjelekan agama karena itu jagalah silaturahmi karena damai itu indah penuh dengan cinta. Terus terang aku juga tidak membedakan teman yang berbeda agama, karena islam mengajarkan aku untuk menjaga tali silaturahmi.

Manfaat silaturahmi

    Menjaga tali persaudaraan
    Diberi umur panjang karena ada pepatah mengatakan "jika kamu ingin memiliki umur panjang, maka
     jagalah tali silaturahmi".
    Memudahkan kehidupan dan mudah mendapat ilmu.
    Mudah mendapatkan rizki
    Mendapat kebahagiaan lahir maupun batin.

Mungkin hanya itulah yang aku tahu mengenai tali silaturahmi, selebihnya silakan cari di berbagai sumber lain sehingga memperkuat kesimpulan.


Kesimpulan...
Jadi silatudahmi itu sangat bermanfaat, sehingga janganlah di antara kamu memutuskan tali silaturahmi. Itu sangat tidaklah baik bahkan bisa saja dapat merugikan. Maka jangan pernah memutuskan tali silaturahmi karena banyak manfaat menyambung silaturahmi.

0 komentar:

Poskan Komentar

InsertWidget